Wednesday, January 2, 2019

CH21 STRATEGI PENGEMBANGAN SIA

SISTEM EKONOMI AKUNTANSI
7 JANUARI 2019


CHAPTER 21
STRATEGI PENGEMBANGAN SIA



Membeli Perangkat Lunak
Perusahaan dapat menyewa perangkat lunak dari penyedia layanan aplikasi (ASPs), yang mengirimkan perangkat lunak melalui internet.
Perusahaan yang membeli perangkat lunak SIA mengikuti siklus hidup pengembangan sistem normal (SDLC) kecuali untuk yang berikut:
  • Selama desain sistem konseptual, perusahaan menentukan apakah perangkat lunak yang memenuhi persyaratan AIS tersedia dan, jika demikian, apakah akan membelinya atau membuat sendiri
  • Beberapa desain fisik dan langkah-langkah implementasi dan konversi dapat dihilangkan

Memperoleh Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Perusahaan yang membeli sistem besar atau kompleks mengirim vendor permintaan proposal (RFP), meminta mereka untuk mengusulkan sistem yang memenuhi kebutuhan mereka pada tanggal yang ditentukan. Proposal terbaik diselidiki untuk memverifikasi bahwa persyaratan perusahaan dapat dipenuhi. Menggunakan RFP penting karena:
  1. Menghemat waktu
  2. Menyederhanakan proses pengambilan keputusan
  3. Mengurangi kesalahan
  4. Menghindari potensi pertentangan

Mengevaluasi Proposal dan Memilih Sistem
Table21-1 menyajikan kriteria evaluasi perangkat keras, perangkat lunak, dan vendor.


Table21-1

Masalah tolok ukur adalah tugas input, pemrosesan, dan output yang khas dari apa yang akan dilakukan SIA baru. Skor poin memberikan bobot untuk setiap kriteria evaluasi berdasarkan kepentingannya. 
Perkiraan biaya persyaratan memperkirakan biaya pembelian atau pengembangan fitur yang tidak tersedia.


Table21-2


Pengembangan oleh Departemen Sistem Informasi In-House
Saat menggunakan developer luar, perusahaan mempertahankan kontrol atas proses pengembangan sebagai berikut:
  • Pilih dengan hati-hati developer yang memiliki pengalaman dalam industri perusahaan dan pemahaman mendalam tentang bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya.
  • Menandatangani kontrak yang secara ketat mendefinisikan hubungan antara perusahaan dan developer, menempatkan tanggung jawab untuk memenuhi persyaratan sistem pada developer, dan memungkinkan proyek dihentikan jika kondisi utama tidak terpenuhi.
  • Rencanakan proyek secara detail dan sering memantau setiap langkah dalam pengembangan.
  • Berkomunikasi secara sering dan efektif.
  • Kontrol semua biaya dan minimalkan arus kas keluar sampai proyek diterima.

Pengembangan Perangkat Lunak Pengguna Akhir
Komputasi pengguna akhir (EUC) adalah pengembangan langsung, penggunaan, dan kontrol sistem informasi berbasis komputer oleh pengguna.

Keuntungan dan Kerugian dari Komputasi Pengguna Akhir
Komputasi pengguna akhir menawarkan keuntungan sebagai berikut:
  • Pembuatan, kontrol, dan implementasi pengguna
  • Sistem yang memenuhi kebutuhan pengguna
  • Ketepatan waktu
  • Membebaskan sumber daya sistem
  • Fleksibilitas dan kemudahan penggunaan
Namun, ada kelemahan signifikan pada komputasi pengguna akhir dan untuk menghilangkan keterlibatan analis atau programer dalam proses pengembangan:
  • Logika dan kesalahan pengembangan
  • Aplikasi yang tidak diuji dengan baik
  • Sistem yang tidak efisien
  • Sistem dengan kontrol yang buruk dan terdokumentasi
  • Ketidakcocokan sistem
  • Duplikasi sistem dan data; sumber daya terbuang
  • Biaya meningkat

Mengelola dan Mengontrol Komputasi Pengguna Akhir
Sebuah help desk mendukung dan mengontrol aktivitas pengguna akhir.
Tugas help desk termasuk menyelesaikan masalah, menyebarkan informasi, mengevaluasi produk perangkat keras dan perangkat lunak baru dan melatih pengguna akhir bagaimana menggunakannya, membantu pengembangan aplikasi, dan menyediakan pemeliharaan dan dukungan teknis.


Mengalihdayakan Sistem
Outsourcing mempekerjakan perusahaan luar untuk menangani semua atau sebagian dari kegiatan pemrosesan data organisasi.


Keuntungan dan Kerugian dari Outsourcing
Ada sejumlah keuntungan signifikan untuk outsourcing:
  • Solusi bisnis
  • Pemanfaatan aset
  • Akses ke keahlian yang lebih besar dan teknologi yang lebih baik
  • Biaya lebih rendah
  • Kurangnya waktu pengembangan
  • Penghapusan penggunaan puncak dan lembah
  • Fasilitasi perampingan
Perusahaan yang melakukan outsourcing seringkali mengalami beberapa kelemahan berikut:
  • Kekakuan
  • Kehilangan kendali
  • Mengurangi keunggulan kompetitif
  • Sistem terkunci
  • Tujuan yang tidak terpenuhi
  • Layanan buruk
  • Peningkatan resiko

Manajemen Proses Bisnis
Rekayasa ulang proses bisnis (BPR) adalah pendekatan drastis, satu kali peristiwa untuk meningkatkan dan mengotomatisasi proses bisnis.
Beberapa prinsip penting yang mendasari BPM adalah sebagai berikut:
  • Proses bisnis dapat menghasilkan keunggulan kompetitif
  • Proses bisnis harus dikelola dari ujung ke ujung
  • Proses bisnis harus gesit
  • Proses bisnis harus diselaraskan dengan strategi dan kebutuhan organisasi
Sistem manajemen proses bisnis (BPMS) mengotomatisasi dan memfasilitasi peningkatan proses bisnis. BPMS dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, mengotomatiskan kegiatan, dan berintegrasi dengan sistem lain dan dengan mitra lain dalam rantai nilai.
BPMS memiliki empat komponen utama berikut ini:
  • Mesin proses untuk memodelkan dan menjalankan aplikasi, termasuk aturan bisnis
  • Analisis bisnis untuk membantu mengidentifikasi dan bereaksi terhadap masalah bisnis, tren, dan peluang
  • Alat kolaborasi untuk menghilangkan hambatan komunikasi
  • Manajer konten untuk menyimpan dan mengamankan dokumen elektronik, gambar, dan file lainnya

Prototyping
Prototyping adalah pendekatan desain sistem di mana model kerja sistem yang disederhanakan dikembangkan. Prototyping membantu menangkap kebutuhan pengguna dan membantu pengembang dan pengguna membuat keputusan desain konseptual dan fisik.


Figure21-1


Keuntungan Prototyping
Prototyping mempunyai keuntungan sebagai berikut:
  • Definisi kebutuhan pengguna yang lebih baik
  • Keterlibatan dan kepuasan pengguna yang lebih tinggi
  • Waktu pengembangan lebih cepat
  • Lebih sedikit kesalahan
  • Lebih banyak peluang untuk perubahan
  • Lebih murah


Table21-3

Kerugian Prototyping
  • Waktu pengguna yang signifikan
  • Penggunaan sumber daya sistem yang kurang efisien
  • Pengujian dan dokumentasi yang tidak memadai
  • Reaksi perilaku negatif
  • Pengembangan tanpa akhir

Rekayasa Perangkat Lunak Berbantuan Komputer
Rekayasa perangkat lunak (atau sistem) berbantuan komputer (CASE) adalah paket alat yang terintegrasi yang digunakan oleh perancang terampil untuk membantu merencanakan, menganalisis, merancang, memprogram, dan memelihara sistem informasi.

CASE memberikan sejumlah keuntungan penting:
  • Peningkatan produktivitas
  • Peningkatan kualitas program
  • Penghematan biaya
  • Prosedur kontrol yang ditingkatkan
  • Dokumentasi yang disederhanakan

No comments:

Post a Comment

CH22 DESAIN SISTEM, IMPLEMENTASI, DAN OPERASI

SISTEM EKONOMI AKUNTANSI 7 JANUARI 2019 CHAPTER 22 DESAIN SISTEM, IMPLEMENTASI, DAN OPERASI Desain Sistem Konsept...