Sunday, September 16, 2018

CH1 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI: SEBUAH TINJAUAN MENYELURUH

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
10 SEPTEMBER 2018

  • SIA (Sistem Informasi Akuntansi) bertujuan untuk mendesain, merancang agar akuntansi dapat digunakan secara efisien
  • Keuntungan=SHU
  • Kegiatan yang berulang-ulang disebut siklus transaksi
  • Siklus transaksi adalah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan serta diterima secara umum prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur-prosedur, metode-metode, serta teknik-teknik dari segala sesuatu yang dicakup dalam ruang lingkup akuntansi dalam suatu periode tertentu
  • Siklus transaksi berupa:
  1. Siklus pendanaan
  2. Siklus investasi aset tetap
  3. Siklus operasional/kegiatan operasional
  4. Siklus investasi instrumen keuangan

Penjelasan:
  • Siklus pendanaan
  • dana dapat diperoleh dari utang, jual obligasi, jual saham
  • perseroan terbatas modal terpisah antara modal pemilik dan modal perusahaan sedangkan perseorangan modal antara pemilik dan perusahaan tidak terpisah
  • Siklus investasi aset tetap
  • aset tetap: aset yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat digunakan tidak hanya satu periode atau yang memiliki fisik
  • Siklus operasional/kegiatan operasional
  • terdiri dari beberapa siklus:
  1. Siklus SDM atau penggajian
  2. Siklus pengeluaran
  3. Siklus produksi
  4. Siklus pendapatan

  • Siklus investasi instrumen keuangan



  • Di dalam SIA terdapat TI
  • Problem organisasi yang akan diatasi dengan sistem:
  1. Inefisiensi/pemborosan
  2. Kesalahan/error (tidak disengaja)
  3. Fraud/curang 
  • Inti dari SIA:
  1. Pemisahan fungsi
  2. Job deskripsi
  3. Dokumentasi transaksi
  4. Laporan
  5. TI
  6. Pengendalian 




SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
10 SEPTEMBER 2018
CHAPTER 1
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI: SEBUAH TINJAUAN MENYELURUH

  • Sistem: dua atau lebih komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan
  • Goal conflict terjadi ketika sebuah subsistem tidak konsisten dengan tujuan subsistem lain atau dengan sistem secara keseluruhan
  • Data: fakta yang dikoleksi, direkam, disimpan, dan diproses oleh sistem informasi
  • Informasi: data yang diorganisasikan dan diolah untuk memberikan makna dan mengingkatkan proses pengambilan keputusan
  • Informasi untuk pengambilan keputusan dapat dilakukan oleh pihak internal maupun pihak eksternal.
  • Pihak internal berupa orang yang berada di dalam lingkungan perusahaan, sedangkan pihak eksternal berupa orang yang berada di luar lingkungan perusahaan.
  • Kualitas informasi: informasi yang relevan, tepat waktu, bebas kesalahan, mudah dipahami
  • TI dapat memudahkan pembuat keputusan menjadi lebih efektif
  • Value of information adalah manfaat yang dihasilkan oleh informasi dikurangi biaya untuk memproduksinya
INFORMATION NEEDS AND BUSINESS PROCESSES
  • Semua perusahaan membutuhkan informasi untuk membuat keputusan yang efektif
  • Business Process: seperangkat kegiatan yang berkaitan, terkoordinasi, dan terstruktur yang dilakukan oleh seseorang atau oleh komputer atau mesin, dan yang membantu mencapai tujuan organisasi tertentu
  • Transaksi: perjanjian antara dua entitas untuk bertukar barang atau jasa atau peristiwa yang dapat diukur dalam istilah ekonomi oleh suatu organisasi
  • Pertukaran tersebut dapat dibagi menjadi 5 kelompok besar:
  1. Siklus pendapatan
  2. Siklus pengeluaran
  3. Siklus produksi
  4. SDM
  5. Siklus pembiayaan 

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS

  • 6 komponen SIA:
  1. orang yang menggunakan sistem
  2. prosedur dan instruksi yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data
  3. data tentang organisasi dan kegiatan bisnisnya
  4. software yang digunakan untuk memproses data
  5. infrastruktur tekonologi informasi, termasuk komputer, peripheral devices, dan perangkat komunikasi jaringan yang digunakan di SIA
  6. kontrol internal dan langkah-langkah keamanan yang menjaga data SIA 

  •  Keenam komponen ini memungkinan SIA untuk memenuhi tiga fungsi bisnis penting:
  1. mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas organisasi, sumber daya, dan personel
  2. mentransformasikan data menjadi informasi sehingga manajemen dapat merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi kegiatan, sumber daya, dan personel
  3. memberikan kontrol yang memadai untuk melindungi aset dan data organisasi

  •  SIA dapat menambah nilai untuk organisasi dengan cara:
  1. meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk atau layanan
  2. meningkatkan efisiensi
  3. membagikan pengetahuan
  4. meningkatkan keefisiensian dan keefektifan rantai pasokan
  5. meningkatkan struktur kontrol internal
  6. meningkatkan pembuatan keputusan 








No comments:

Post a Comment

CH22 DESAIN SISTEM, IMPLEMENTASI, DAN OPERASI

SISTEM EKONOMI AKUNTANSI 7 JANUARI 2019 CHAPTER 22 DESAIN SISTEM, IMPLEMENTASI, DAN OPERASI Desain Sistem Konsept...